Tips Memilih Cup Plastik Ecorasa

  • Whatsapp
Cup Plastik Ecorasa

Akhir-akhir ini sampah plastik makin intens diperbincangkan. Tidak mengherankan, pola konsumsi yang berlebihan serta perilaku manusia yang hobi membuang sampah sembarangan, menyebabkan sampah plastik menjadi masalah besar yang meresahkan, mungkin kita sudah tahu kalau plastik memerlukan  seribu tahun untuk terurai, maka sampah plastik yang diproduksi pada era 70-an misalnya, bisa saja masih ada jejaknya sampai hari ini, bukan tak mungkin. Orang yang membuang sampah tersebut sudah kembali ke sang pencipta, sampahnya tetap menghuni bumi, kemasan plastik sudah sangat akrab dalam kehidupan kita sehari-hari, selain ringan penggunaannya juga sangat membantu baik untuk membawa belanjaan tempat makanan dan minuman maupun untuk kegunaan lainnya.

Namun kita harus tetap berhati-hati dalam memilih kemasan plastik untuk kebutuhan kita sehari-hari, kita harus memilih kemasan yang aman dan pastinya tidak membahayakan kesehatan kita. Banyak sekali kemasan plastik yang mengandung zat karsinogenik dan bahan kimia lainnya yang bisa juga membahayakan otak kita, terlebih jika kita menggunakan kemasan plastik untuk produk pangan membawa makanan dan minuman, jika tidak hati-hati dan salah pilih dalam menggunakan tempat plastiknya akan membahayakan kesehatan kita. Berikut ini adalah tips memilih cup plastik ecorasa:

  1. Hindari menyimpan makanan panas dan berlemak

Seperti yang kita ketahui bahwa semua plastik mengandung zat kimia yang dapat mengganggu kesehatan kita, zat kimia tersebut dapat berpindah pada makanan, suhu yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan plastik mengelupas dan meleleh sehingga zat kimia dapat masuk ke makanan dan itu sangat membahayakan kesehatan kita, diperlukan adanya kesadaran dari semua pihak, baik itu pemerintah, masyarakat dan sejenisnya, terlebih saat ini banyak sekali produk kemasan plastik yang aman dan dapat digunakan berulang – ulang, kita bisa mencari informasi selengkapnya terkait kemasan plastik di laman web https://ecorasa.id/ produk ini terkenal sehat dan banyak jenisnya, desainnya juga simpel dan menarik, pastinya aman juga bagi kesehatan kitaa.

  1. Perhatikan waktu penyimpanan

semakin lama kita menyimpan makanan dalam plastik, maka kontaminasi juga akan semakin tinggi, zat kimia yang terkandung pada kemasan akan bermigrasi ke makanan dan akan semakin banyak jika waktu penyimpanannya lama, kandungan kimia tersebut akan masuk ke dalam tubuh kita, jika ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama, dapat mengganggu kesehatan kita, selain itu faktor yang menyebabkan mudahnya perpindahan zat tersebut adalah karena lemahnya ikatan struktur plastik.

  1. Perhatikan kualitas

kita jangan tergiur dengan kemasan plastik yang berharga murah, perlu diwaspadai apakah kemasan cup plastik tersebut aman untuk digunakan berulang-ulang atau hanya sekali pakai, lebih baik kita menggunakan produk plastik  dari produsen resmi dan sudah terkenal baik kualitasnya. Selain itu, kita juga harus memastikan instruksi penggunaan dari produk tersebut. Saat mencuci, menyimpan dan lain sebagainya harus kita perhatikan juga, jangan masukkan plastik atau tempat makan kemasan plastik ke dalam microwave, kita bisa membeli tempat khusus untuk di microwave agar tetap aman, yaitu food grade yang berlogo gelas dan garpu.

  1. Perhatikan kode plastik

Hal penting yang harus kita lakukan adalah dengan melihat kode yang tertera pada kemasan tersebut, biasanya terletak di bagian bawah, terdapat kode plastik yang aman untuk produk makanan, ada pula yang tidak aman untuk makanan, dari berbagai kode, yang aman digunakan untuk makanan adalah kemasan plastik dengan kode PET ( kode 1), HDPE (kode 2), LDPE (kode 4) dan PP (kode 5). Sedangkan PVC (kode 3), PS (kode 6) dan Other (kode 7) tidak aman untuk produk pangan, kita harus menghindari kode-kode yang tidak aman tersebut untuk menyimpan makanan.

Sekian informasi tentang tips memilih cup plastic ecorasa semoga bermanfaat bagi teman-teman semuanya.

Related posts