Tentang Tinggi Ring Bola Basket yang Wajib Diketahui

  • Whatsapp
Tinggi Ring Bola Basket

Ring bola basket adalah bagian yang cukup penting dalam arena permainan bola basket. Kita tahu pemain akan mendapatkan poin jika mereka sudah memasukkan bola kedalam ring bola basket tersebut. Nah, yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana tinggi ring basket itu sendiri mengingat secara fisik setiap negara memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Misalnya saja pemain dari negara Indonesia pasti berbeda tingginya dengan pemain yang berasal dari Amerika Serikat. Disinilah peran dari induk organisasi bola basket yang mengatur segala peraturan yang berkaitan dengan permainan bola basket di mana disesuaikan dengan kondisi yang ada.

Tinggi ring basket ini sendiri ditentukan oleh asosiasi resmi olahraga bola basket baik itu internasional maupun nasional. Berikut ini beberapa penjelasan tentang tinggi ring bola basket standar Indonesia dan internasional yaitu FIBA.

Standar Tinggi Ring Basket

Di awal sejarah perkembangan bola basket maka tinggi ring bola basket itu menggunakan ukuran yang sangat sederhana. Namun seiring dengan semakin meluasnya olahraga ini termasuk peminatnya semakin bertambah, maka dibentuklah Federasi bola basket internasional atau lebih disebut dengan FIBA. Nah, peraturan inilah yang ditetapkan menjadi standar mengenai tinggi ring dari bola basket. Sementara itu organisasi bola basket internasional lainnya seperti NBA memiliki aturan tersendiri mengenai standar dari lapangan bola basket. Namun secara umum standar tinggi ring basket yang digunakan dalam berbagai pertandingan yaitu 3,05 m atau 10 feet.

Kita tahu bahwa pemain luar negeri memiliki tinggi yang cukup jauh di atas rata-rata tinggi orang Asia khususnya Indonesia. Meski demikian tidak mempengaruhi peraturan mengenai standar tinggi ring basket. Artinya tinggi ring dari basket yang digunakan tetap mengikuti aturan yang sama yang sudah ditentukan oleh organisasi internasional maupun Indonesia.

Tinggi Ring Bola Basket Standar Internasional FIBA

Di dalam peraturan resmi FIBA ditetapkan bahwa permainan olahraga bola basket diwajibkan memiliki 2 unit backstop yang letaknya ada di sisi lapangan. Adapun backstop ini adalah sebuah istilah dari unit ring basket dimana didalamnya ada satu tiang struktur, 1 ring basket dan satu jaring

Tiang

Tiang penyangga ring basket bisa berupa tiang permanen yang menancap pada lantai atau tiang yang bisa dipindahkan biasanya menggunakan roda. Untuk standar dari tiang bola basket menurut FIBA adalah 3,05 milimeter dari lantai. Kemudian tiang dilapisi dengan warna cerah dengan tujuan agar terlihat jelas oleh pemain. Tidak bergerak meski terkena getaran dari tembakan bola atau bagi yang menggunakan tiang mobile bisa menambahkan beban di bagian bawah tiang penyangga.

Papan pantul

Papan pantul adalah tempat ring dipasangkan yang bermanfaat untuk memantulkan bola yang tidak tepat sasaran untuk kembali ke arena lapangan permainan. Adapun aturan resmi mengenai standar papan pantul yang digunakan memiliki panjang sekitar 1,8 meter dan lebarnya 1,2 meter. Terbuat dari material tempered safety Glass dan permukaannya datar serta tidak memantulkan cahaya. Untuk papannya sendiri berwarna transparan yang dilengkapi dengan lighting disekeliling nya

Ring basket

Ring yang dimaksud disini adalah memiliki bentuk yang nantinya akan dipasangkan jaring. Untuk standarnya sendiri menurut induk organisasi bola basket internasional atau FIBA adalah menggunakan bahan material besi yang memiliki diameter 450 mm hingga 459 mm. Warnanya orange dengan ketebalan 16 mm hingga 20 mm serta jarak papan dengan titik terdekat ring yaitu 151 mm.

Related posts