Meresahkan, Ini Dampak Sampah Plastik yang Membahayakan Masyarakat

  • Whatsapp
Dampak Sampah Plastik

Dampak sampah plastik tentu saja sangat berbahaya jika dibiarkan terus menerus. Sampah sendiri adalah ancaman bagi kelangsungan makhluk hidup di dunia karena produk sampah adalah barang yang sulit sekali terurai.

Dampak Sampah Plastik yang Membahayakan Masyarakat

Lalu apa saja dampak keberadaan sampah yang nyata dan sangat membahayakan bagi manusia?

  • Sumber Polusi

Dampak sampah plastik yang paling nyata adalah sangat meresahkan untuk hewan dan juga mikroorganisme. Bayangkan saja sampah plastik yang sudah menjadi potongan-potongan dan tidak bisa terurai, tentu bisa melukai hewan-hewan yang berukuran kecil.

Atau mungkin juga plastik bisa termakan oleh hewan dan membuatnya sakit karena limbah plastik tentu tidak bisa terurai di dalam pencernaan hewan. Mikroplastik atau bahan kimia untuk pembuatan plastik juga bisa beracun untuk mikroorganisme.

Sementara jika dikatakan sebagai sumber polusi, tentu saja dampak sampah plastik untuk lingkungan yang paling terasa karena bau sampah yang bisa mencemari udara lewat proses insinerasi. Pengelolaan sampah lewat pembakaran terbuka bisa menghasilkan emisi karbondioksida yang jumlahnya sangat tinggi.

  • Merusak Tanah Dan Air

Keberadaan sampah plastik yang susah terurai bahkan bisa membunuh pengurai tanah. Hal ini membuat kesuburan tanah menjadi berkurang bahkan lama-lama akan hilang.

Tidak hanya tanah saja yang tercemar dan membuat kesuburannya hilang sehingga merusak proses penanaman. Sampah plastik juga mencemari air karena bahan kimia yang dihasilkan. Bahan kimia dari sampah-sampah ini sangat berbahaya untuk air maupun tanah.

  • Polusi Air Tanah

Dampak sampah plastik juga bisa membuat polusi bagi air tanah. Tentu saja air tanah merupakan salah satu sumber air yang bisa terpengaruh akibat racun lingkungan. Ini karena sampah-sampah di tempat pembuangan sampah yang sulit terurai. Lalu setiap kali hujan sampah ini akan mencemari air tanah dan dilakukan terus-menerus.

  • Bahaya Bagi Kesehatan Masyarakat

Dampak sampah plastik juga sangat memberikan efek buruk bagi kesehatan masyarakat. Setidaknya ada penelitian yang menyebutkan bahwa ada mikroplastik di 114 spesies laut.

Jadi tidak heran dampak sampah plastik di laut bisa cukup tinggi. Anda juga harus tahu bahwa mikroplastik tersebut mungkin saja berada di piring saat makan. Mikroplastik ini di tubuh akan membentuk bisphenol A yang bisa membahayakan bagi kesehatan masyarakat.

  • Merusak Rantai Makanan

Sampah plastik punya peran dalam merusak rantai makanan. Bayangkan saja terdapat ukuran sampah yang besar dan juga kecil tentu ini bisa mempengaruhi mikroorganisme seperti plankton.

Ketika mikroorganisme seperti plankton ini keracunan karena menelan plastik, tentu sangat berbahaya untuk hewan yang sumber makanannya adalah melalui mikroorganisme. Pada akhirnya nanti bisa berpengaruh ke seluruh rantai makanan termasuk pada manusia. Lingkungan juga akan berpengaruh dari rantai makanan ini ketika sesudah dicemari oleh mikroplastik.

  • Terdapat Limbah Beracun

Pada sampah yang tidak bisa terurai tentu akhirnya akan menimbulkan limbah plastik. Limbah plastik ini berawal dari plastik yang dibuat dengan bahan kimia berbahaya.

Makanya meski plastik sudah menjadi limbah tentu tetap punya bahaya untuk masyarakat. Ini karena dari proses pembuatan plastik, proses penyimpanannya hingga pembuangannya bahaya yang banyak untuk masyarakat dan juga makhluk hidup lainnya.

  • Membutuhkan Dana Besar Untuk Menguraikan

Menguraikan sampah plastik tentu sulit dan butuh dana yang besar. Dampak sampah plastik juga terasa pada biaya perawatannya karena penguraian sampah Ini membutuhkan peralatan canggih. Anda juga bisa melihat dari sisi wisatawan yang enggan mendatangi tempat wisata yang kotor.

Mau tidak mau agar hal tersebut tidak terjadi, tentu harus mengeluarkan biaya yang banyak untuk perawatan tempat wisata supaya bersih kembali. Agar tidak terdapat banyak limbah  plastik manusia seharusnya sadar untuk mengurangi penggunaan plastik mulai sekarang.

Kurangi Sampah Plastik Dengan BIBER #BijakBerplastik

Tindakan nyata dari mengurangi dampak sampah plastik, mulai sekarang Anda bisa mengikuti kegiatan BIBER atau Bijak Berplastik yang diselenggarakan oleh AQUA. AQUA AQUA PEDULI sejak tahun 1993 lewat Pengelolaan Daur Ulang Sampah Plastik.

Lewat penyelenggaraan pengelolaan daur ulang sampah ini, AQUA menarik botol bekas lewat retailer dan distributor. Selanjutnya proses tersebut adalah pencacah sampah plastik dan langsung diekspor ke Taiwan. Ini membuat industri daur ulang limbah semakin berkembang dan punya nilai ekonomi yang tinggi.

Salah satu gerakan nyata dari BIBER yaitu dengan membangun TPST atau Tempat Pengolahan Sampah Terpadu salah satunya di Jawa Timur. TPST di Jawa Timur ini merupakan salah satu yang terbesar untuk daerah tersebut dan dibangun di Kabupaten Lamongan.

Luas lahan untuk penampungan sampah ini adalah 5500 meter persegi. Sehingga kemampuannya untuk menampung sampah sangat besar yaitu 60 ton sampah per hari. Di tempat pembuangan sampah ini terdapat 7 orang yang mengoperasikan TPST.  Sehingga bisa melayani 1500 kepala keluarga dan perkantoran lewat sampah yang dihasilkan rumah tangga dan industri.

TPST sendiri sudah ada sejak tahun 2020 dan tentu saja mampu mengurangi 90% sampah plastik ke TPA.  Sampah-sampah di TPST akan di dilakukan penyortiran. Untuk sampah organik tentu saja diolah menjadi kompos yang kemudian disalurkan untuk masyarakat secara gratis. Sementara sampah plastik dipilih berdasarkan kategori high value yang masih bisa didaur ulang dan low value yang akan berakhir ke TPA.

Jadi tentu Anda sekarang sudah tahu dampak sampah plastik bagi kelangsungan hidup masyarakat bahkan semua makhluk hidup yang ada di dunia.  Untuk gerakan nyata mengurangi sampah plastik, Anda juga bisa mengikuti kegiatan BIBER dari AQUA. Informasi selengkapnya bisa langsung mengunjungi website resmi Bijak Berplastik dari AQUA.

Sumber :

  • https://bijakberplastik.aqua.co.id/publikasi/
  • https://www.merdeka.com/jabar/7-bahaya-polusi-plastik-bagi-kesehatan-dan-lingkungan-bisa-pengaruhi-rantai-makanan-kln.html?page=4
  • https://daihatsu.co.id/tips-and-event/tips-sahabat/detail-content/7-bahaya-sampah-plastik-bagi-lingkungan-hidup/
  • https://dosenbiologi.com/lingkungan/dampak-sampah-plastik

Related posts