Konsumsi Air Putih Teratur Bermanfaat bagi Kesehatan Mata

  • Whatsapp
Konsumsi Air Putih Teratur Bermanfaat bagi Kesehatan Mata (1)

Banyak yang mengira bahwa mengonsumsi air putih merupakan hal yang kurang penting dibandingkan buah atau sayur. Faktanya, mengonsumsi makanan sehat dan gizi seimbang harus diimbangi manfaat air putih yang baik bagi tubuh.

Kondisi organ manusia yang didominasi oleh kandungan air menjadi alasan penting. Manusia terdiri dari 60% sampai 70% air tergantung berat badan, yang berarti membutuhkan asupan air yang rutin merupakan cara termudah menjaga kesehatan tubuh [1].

Cairan tubuh sendiri dapat menghilang seiring dengan aktivitas serta proses ekskresi tubuh seperti keluarnya keringat dari pori-pori tubuh. Efek penting ekskresi sendiri sebagai metode detoksifikasi agar badan terhindar dari racun.

Namun, tidak hanya organ dalam yang merasakan manfaat air putih melainkan kesehatan mata. Air putih membantu kesehatan mata dengan berbagai fungsi penunjangnya seperti retina [2].

Fungsi mata juga perlu dijaga lebih baik dengan memanfaatkan air putih. Kesehatan mata tidak hanya bergantung pada Vitamin A sebagai penunjang utama.

Kesehatan dan Manfaat Air Putih untuk Mata

  1. Membuat Mata Tetap Lembab

Mata memiliki kandungan air yang bahkan dapat dilihat secara jelas tanpa bantuan alat penunjang. Hal ini menandakan bahwa kondisi lembab menjadi salah satu indikasi kesehatan mata [1].

Kelembaban juga menjaga mata untuk dapat bergerak dan menoleh ke berbagai macam sudut pandang. Penglihatan yang sehat memang berlangsung dan bergantung kepada kesehatan mata.

  1. Memproduks Air Mata

Faktanya air mata sama pentingnya seperti air liur bagi mulut. Terdiri dari air, mineral penting, cairan, dan beberapa kandungan anti-bakteri yang penting. Air mata sendiri memang kerap identik dengan emosi sedih atau terharu [2].

Faktanya, air mata merupakan refleksi atau respon untuk menjaga kesehatan mata, melumasi dan menjaga kesehatan di sepanjang hari. Ketika kurang air mata maka respon menangis secara tiba-tiba menjadi respon kelenjar untuk menjaga kondisi tetap lembab.

Karena kondisi mata yang kering juga tidak memiliki kebaikan, melainkan indikasi akan kurangnya kesehatan pada bagian mata.

  1. Menghindari Iritasi

Iritasi mata? Mungkin salah satu penyebabnya adalah debu atau bakteri yang mengenai mata secara langsung. Namun, tahukah kamu bahwa mata yang kering atau terkena debu akan langsung mengeluarkan air mata?

Refleksi ini merupakan cara alami dari kelenjar bagian mata untuk menjaga kelembapan bola mata dari berbagai partikel asing [2].

Kesehatan mata juga bisa terjaga dengan tetap basah dan lembab. Sebaliknya, mata yang kering akan menjadi biang atau alasan utama penyebab iritasi.

Minum air putih secara teratur akan menjaga kandungan air mata agar tetap terproduksi. Menjadi lembab dan sehat akan membuat jarak pandang dan fokus penglihatan agar lebih baik.

  1. Menjaga dari Kekeringan Mata

Kekeringan mata sendiri disebabkan oleh kurangnya cairan tubuh untuk melumasi bola mata. Mata sendiri memiliki ketergantungan yang sangat tinggi terhadap air untuk sisi kesehatannya.

Tetap terhidrasi dengan minum air putih cukup akan menjauhkan kondisi kesehatan mata dari penyakit.

Penyakit katarak sendiri disebabkan oleh berbagai hal, termasuk dehidrasi panjang yang disebabkan oleh paparan asap rokok, efek samping obat, atau paparan intens sinar ultra-violet [2].

Tentu membuat mata tetap sehat dan menjaga cairan tubuh dengan air putih membantu produksi air mata tetap terjaga. Cara paling mudah adalah mengonsumsi air putih sesuai anjuran  WHO yaitu kurang lebih 8 gelas per hari [3].

Kualitas air juga harus terjaga, salah satunya dengan sumber mata air pegunungan yang kaya akan mineral.

AQUA juga terpercaya lebih dari 45 tahun menghadirkan kesehatan dari tiap tetes air mineral gunung vulkanis. Selain segar, beragam kandungan mineral seperti Magnesium, Kalsium, Zinc, Silika diperoleh melalui 9 kriteria, 5 syarat, dan 1 tahun penelitian oleh para ahli geologi dan geohidrologi [4]. Mineral yang terkandung di dalam AQUA juga merupakan mineral yang terlindungi, karena AQUA melindungi ekosistem di sekitar sumber air dan sumber air itu sendiri.

Sehat sudah pasti AQUA, kamu sudah minum AQUA hari ini?

Referensi:

  1. https://mybestcontacts.com/water-helps-your-eyes/
  2. https://www.londonvisionclinic.com/staying-hydrated-and-why-its-important-for-your-eyes/
  3. https://www.sehataqua.co.id/kisah-kemurnian-air-di-balik-label-logo-terbaru-aqua/
  4. https://www.sehataqua.co.id/inilah-keunggulan-air-minum-dari-sumber-air-pegunungan/

Related posts