Dampak Positif dan Negatif Perkembangan Fashion Bagi Remaja

  • Whatsapp
Perkembangan Fashion Bagi Remaja

Bagi remaja punya banyak cara untuk mencari perhatian, beberapa di antaranya adalah tampil dengan nyeleneh, tampil beda dari yang lain. Mulailah mereka terlihat aneh dengan penampilan yang kadang mengundang kontroversi, orang tua dan guru pun jadi cemas karena apa yang ditampilkan itu dinilai melenceng dari adat ketimuran, busana serba minim bagi remaja wanita sangat disukai, sedangkan yang pria tampil lebih percaya diri dengan acesories di tubuhnya, remaja memang suka tampil aneh-aneh, hal ini sering dilontarkan ketika mengamati penampilan mereka di beberapa tempat umum. dapat dicermati dari cara busana dan performance fisik mereka, tampilan berpakaian remaja sangat bergantung dari mode yang sedang trend, trend ini tentu saja dibawa oleh para idola remaja yang bisa saja memberi inspirasi mereka dari segi penampilan, misalnya sekarang lagi trend baju korea, tidak hanya itu saja pengaruh dari perkembangan trend mode berpakaian Indonesia, salah satu pengaruh yang lain adalah para remaja lebih memilih budaya trend mode berpakaian barat yang dianggap bertentangan dengan budaya trend mode berpakaian timur, dan yang lebih parah adalah terancamnya usaha dalam negeri yang bergerak dibidang Fashion pula karena barang-barang dari mereka kurang diminati, tetapi mereka juga tetap berusaha dengan membuat model pakaian yang hampir serupa dengan trend barat. Berikut ini adalah dampak positif dan negative perkembangan fashion bagi remaja :

Dampak Positif dari Trend Mode Berpakaian

  1. Identitas

jika kita ambil sisi positif dari perkembangan fashion styles sekarang ini, gaya-gaya terbaruakan membuat kamu menjadi lebih kreatif dan unik untuk menciptakan seorang pribadi yang unik dan berbeda dari semuanya, jika di pandang dari sisi positifnya, fashion adalah tentang gaya pribadi kamu, itu bukannya kita harus mengikuti trend yang sekarang ini ada, kita  tidak perlu bergaya seperti supermodel, karena kita mempunyai gaya tersendiri yang pastinya berbeda dengan yang lainnya, kamu bisa menjadi cantik dengan gaya kita sendiri, karena kecantikan itu datangnya dari dalam.

  1. Sisihkan uang untuk tabungan

karena kita punya gaya tersendiri untuk menjadi sosok yang unik. Lemari pakaian kamu tidak perlu up to date. Kita dapat mencampur dan mencocokkan pakaian-pakaian yang kamu miliki, cukup dengan menambahkan sedikit aksesoris, lama kelamaan akan menciptakan sesuatu yang baru dan trendi, kita juga tidak perlu mengeluarkan uang lebih a untuk bisa “IN” dalam mengikuti fashion terbaru, kita hanya butuh kreatifitas untuk menciptakan sesuatu yang baru, maka dari itu, ciptakan mesin kreatifitas kamu agar kamu tetap bisa “IN” dalam dunia fashion kamu sendiri.

Dampak negatif dari trend fashion juga dapat dilihat dari berbagai segi, yaitu sebagai berikut.

  1. Identitas

Pada saat  kita mencoba untuk mengikuti fashion yang sedang berkembang sekarang ini, identitas kamu juga akan terpengaruh dengan gaya busana yang sedang menjadi trend sekarang ini.industri fashion menciptakan supermodel yang cantik hanya dari segi fisiknya saja. Sebagian besar perempuan bekerja keras untuk membuat dirinya menjadi supermodel, karena kesalahpahaman mereka sendiri mengenai kata “cantik” itu sendiri, mereka berfikir bahwa kata-kata cantik itu merupakan indah secara fisik, dan juga bagi mereka ada kelebihan lemak sedikit saja itu akan membuat mereka menjadi tampak tidak indah.

  1. Di lihat dari segi keuangan

tidak sedikit dari mereka yang setiap bulannya berbelanja pakaian terbaru yang akan membuatnya tetap tampil cantik dan gaul, semua hal yang dilakukannya tersebut hanya akan membuatnya menjadi seorang pribadi yang konsumtif dan boros.

  1. Tekanan tersendiri bagi remaja

Remaja putri selalu mencari informasi seputar fashion mancode dan juga fashion styles di internet, fashion memberikan dampak yang sangat besar bagi perkembangan remaja.

Sekian informasi tentang dampak positif dan negatif perkembangan fashion bagi remaja semoga bermanfaat bagi teman-teman semuanya.

Related posts