Cara Membuat Masker, Hand Sanitizer dan Desinfektan Sendiri untuk Mencegah Corona

  • Whatsapp
Cara Membuat Masker, Hand Sanitizer dan Desinfektan Sendiri untuk Mencegah Corona

Pandemi corona membuat masyarakat harus menjaga diri dan ekstra higienis untuk menghindari tertular virus mematikan tersebut. Sesuai dengan anjuran WHO, dimana masyarakat dianjurkan untuk sering mencuci tangan dan membersihkan lingkungan sekitar agar membunuh virus covid19, produk-produk hand sanitizer dan desinfektan pun laris manis di pasaran. Bahkan harga hand sanitizer menjadi membengkak. Sebelumnya kondisi ini terjadi pada masker yang kini sudah diwajibkan penggunaannya baik bagi yang sakit maupun sehat jika keluar rumah. Masker medis atau bedah yang dulunya hanya Rp. 30.000an per box isi 50 pc kini melonjak drastis menjadi Rp. 300.000an per box. Hal ini membuat pemerintah dan masyarakat memutar otak untuk bisa melindungi diri dengan cara-cara yang lebih hemat namun tetap tepat.

Bagi Anda yang tidak bisa membeli masker medis karena harganya dan sekarang ini pun sudah menjadi langka, tak perlu berkecil hati. Masker juga bisa dibuat sendiri asalkan tahu bagaimana membuat masker yang terbaik untuk menyerap droplet pemakaiannya dan mencegah partikel mikron khususnya virus corona dari luar terhirup ke dalam. Masker kain kini menjadi pilihan seiring dengan langkanya masker medis. Anda ingin mencoba membuatnya? Berikut ini adalah tips yang bisa digunakan agar masker kain Anda tepat guna.

Buatlah masker kain dari jenis kain yang nyaman dipakai misalnya kain katun. Namun Anda juga perlu memperhatikan kegunaannya dari segi medis sehingga bukan hanya nyaman dipakai tetapi juga efektif. Agar masker kain tetap efektif, jangan membuat hanya satu lapis saja, namun buatlah dua lapis dengan bagian belakang yang bisa dibuka untuk menyelipkan lapisan ketiga atau filter di dalam masker. Saat ini tentu sudah banyak contoh masker kain dengan lubang filter sehingga Anda bisa mencontoh ukuran hingga modelnya. Namun perlu juga diingat bahwa tisu yang digunakan sebaiknya adalah tisu non woven atau tisu tanpa tenun seperti pada bahan tisu basah, tisu makan, dan tisu toilet.

Anjuran mencuci tangan sesering mungkin memang sangat efektif untuk mencegah penularan virus iniCara yang paling tepat adalah dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Namun jika Anda sedang keluar rumah sehingga tidak tersedia sabun dan air, Anda bisa membuat hand sanitizer sendiri. Berikut ini formula yang bisa Anda gunakan:

  • Campuran cuka dapur dan air dengan perbandingan 1:1.
  • Campuran alkohol 70% dengan gel aloe vera. Lalu untuk membersihkan lingkungan, Anda bisa membuat cairan desinfektan sendiri dengan formula sebagai berikut:
  • Campuran air dan pemutih pakaian dengan perbandingan 1:100.
  • Campuran karbol dan air dengan perbandingan 1:100.

Semprotkan desinfektan ke benda-benda yang sering dipegang terutama pintu pagar, gagang pintu rumah, saklar lampu, permukaan meja, sandaran tangga dan sebagainya. Dengan membuat sendiri masker, hand sanitizer dan desinfektan maka Anda tidak perlu khawatir akan naiknya harga-harga kebutuhan tersebut yang sangat dibutuhkan di tengah pandemi covid19.

Dengan melakukan pencegahan mandiri semaksimal mungkin, Anda dapat membantu pemerintah dan tenaga medis untuk mencegah jumlah kasus corona agar tidak terus bertambah. Selain itu tetap jaga imunitas tubuh dengan mengkonsumsi makanan sehat dan berkonsultasi jika mengalami gejala penyakit di Halodoc sehingga Anda tidak perlu keluar rumah terlebih dahulu jika tidak betul-betul dibutuhkan. Akan tetapi jika Anda ingin memeriksakan diri, Anda juga bisa melakukan jadwal temu dengan dokter di Halodoc sehingga tidak menunggu terlalu lama.

Related posts