Bingung Mau Pilih Beli atau Bangun Rumah dari Nol?

  • Whatsapp
Bingung Mau Pilih Beli atau Bangun Rumah dari Nol

Saat terjadi pandemi virus covid-19 seperti saat ini, harga-harga barang yang bukan kebutuhan pokok turun. Begitu juga dengan harga barang-barang yang terkiat dengan properti atau bangunan, misalnya saja besi, semen, perpipaan termasuk lem pipa, dan lain sebagainya.

Bahkan, perumahaan yang sudah jadi pun ikut terkena imbas dari Covid-19 ini. Harga perumahan ikut anjlok mengingat daya beli masyarakat terhadap properti sangat turun. Dan tidak ada yang tahu ini bisa terjadi hingga sampai kapan. Ada yang memprediksi virus covid-19 ini akan terus ada hingga akhir tahun. Namun, ada prediksi terbaru. WHO atau World Health Organization menyatakan bahwa ada kemungkinan virus Covid-19 ini tidak akan pernah hilang. Jadi, mumpung sekarang orang panik hingga menyebabkan harga-harga rumah turun, saat ini pula Anda bisa segera membeli properti.

Lalu, yang menjadi pertanyaan adalah apakah Anda sebaiknya beli atau bangun rumah dari nol? Sebenarnya, harga perumahaan seperti saat ini sedang anjlok-anjloknya. Jika Anda punya tabungan yang cukup untuk membeli rumah sederhana, ada baiknya Anda beli rumah saja. Anggap saja ini investasi. Sambil Anda menabung lagi, Anda bisa menempati rumah sendiri, bukan?

Saat pandemi sudah berangsur membaik, pada saat itulah harga properti akan kembali naik. Jika Anda sebenarnya ingin sekali membangun rumah sendiri, Anda bisa jual rumah Anda tersebut. Harganya pasti naik setelah pandemi selesai atau ketika pandemi sudah bisa diatasi. Dan uangnya Anda bisa gunakan untuk membangun rumah sendiri. Ini hanya trik menabung saja.

Saat itulah, Anda bisa bangun rumah dari nol. Anda sudah punya uang dari penjualan rumah Anda yang terdahulu. Di masa pandemi mulai bisa diatasi, segera beli barang-barang bangunan yang dibutuhkan, mulai dari besi, semen, pipa, dan lain sebagainya. Beli barang bangunan yang biasanya harganya sangat mahal. Di awal selesainya pandemi, harga baru mulai kembali ke angka normal. Jangan tunggu hingga harganya kembali ke harga normal. Beli dulu ketika harga barang bangunan masih murah.

Ini semua hanya saran. Yang pasti, momen pandemi ini harus membuat Anda berpikir kreatif. Sementara banyak orang menyerah dengan tidak melakukan apa-apa seolah-olah tidak banyak yang mereka bisa lakukan, Anda harus berpikir cerdas. Manfaatkan pandemi seperti saat ini untuk berpikir bagaimana bisa survive sekaligus bisa mendapatkan manfaat yang lebih setelah pandemi selesai nanti. Dibutuhkan sensitivitas yang tinggi untuk memahami kondisi seperti ini.

Related posts