Beberapa Manfaat Paprika yang Perlu Anda Tahu

  • Whatsapp
Paprika

Paprika atau Capsicum annuum merupakan salah satu jenis buah-buahan yang banyak digunakan pada bahan masakan. Buah yang satu ini memiliki rasa yang menyerupai cabai namun memiliki tingkat kepedasan yang lebih rendah.

Namun, dibalik dari penggunaan yang umum dilakukan oleh masyarakat ternyata paprika memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Apa sajakah manfaat yang dimiliki oleh buah yang satu ini? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Manfaat Paprika untuk Kesehatan Tubuh

Beberapa manfaat dari buah yang berasal dari famili terong-terongan ini, antara lain :

  1. Meringankan Peradangan

Manfaat pertama yang dimiliki oleh paprika ini adalah meringankan peradangan. Dengan adanya kandungan antioksidan dan senyawa capsaicin yakni senyawa yang banyak dimiliki oleh cabai dan rempah-rempah lainnya dan memberikan rasa pedas pada buah yang satu ini.

Hal ini tentunya didasarkan pada penelitian terkait dengan fungsi antioksidan dan senyawa capsaicin yang memiliki efektivitas dalam mencegah atau meringankan terjadinya peradangan. Namun, hal yang perlu Anda perhatikan adalah jumlah asupan paprika yang masuk ke dalam tubuh tentunya juga harus terkontrol dan tidak berlebih.

  1. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat paprika selanjutnya adalah menurunkan risiko kanker dengan adanya beberapa senyawa antioksidan yang terkandung dalam buah tersebut. Senyawa antioksidan itu diantaranya adalah beta karoten, vitamin C, zeaxanthin, dan lutein yang memiliki peranan dalam menghambat pertumbuhan sel kanker.

Oleh karena itu tidak sedikit dari beberapa menu diet yang menyertakan paprika sebagai bahan tambahan pada masakan. Selain menambah cita rasa buah ini juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Tentunya manfaat ini akan diperoleh secara optimal dengan adanya konsumsi paprika secara rutin dan tidak berlebihan. Anda juga bisa mengkonsumsi paprika dalam bentuk olahan makanan lainnya yang lebih ringan seperti camilan atau lainnya.

  1. Mencegah Penyakit Anemia

Penyakit anemia merupakan suatu kondisi tubuh saat mengalami kekurang sel darah merah yang bertugas untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini ditandai dengan gejala berupa mudah lelah, mudah mengantuk, pucat, mata berkunang, dan adanya sesak napas.

Untuk mengembalikan pasokan darah dalam tubuh tersebut, penderita dapat mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung zat besi. Salah satu buah yang memiliki kandungans senyawa tersebut adalah paprika yang juga memiliki kandungan folat dan vitamin B2.

Selain itu, buah yang masuk dalam keluarga terong-terongan ini juga memiliki kandungan vitamin C yang berperan dalam meningkatkan absorpsi atau penyerapan zat besi dalam tubuh. Tentunya hal ini mengakibatkan produksi sel darah merah berada dalam kondisi cukup dalam tubuh hingga mampu mengurangi risiko anemia.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Selain mengandung vitamin C dan B2, buah yang satu ini juga memiliki kandungan vitamin A dan E. Vitamin tersebut memberikan peranan dalam menjaga kesehatan mata yakni dengan cara mencegah terjadinya kerusakan pada sel retina mata dan menurunkan risiko katarak.

Oleh karena itu, buah ini menjadi alternatif untuk pencegahan terkait dengan penyakit mata. Tidak hanya itu, manfaat paprika yang satu ini juga masih dapat diperoleh oleh penderita mata minus dengan mengkonsumsi buah tersebut secara rutin.

  1. Meningkatkan Sistem Imunitas

Paprika juga memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh dengan adanya kandungan betakaroten, vitamin C, lutein, serta kandungan senyawa antioksidan lain yang berperan dalam memperkuat sistem imun pada tubuh manusia. Dengan begitu, tubuh akan terbebas dari kontaminasi radikal bebas yang utamanya dilakukan oleh beberapa senyawa antioksidan.

Urain tersebut merupakan penjelasan mengenai beberapa manfaat paprika yang perlu Anda ketahui. Dengan mengkonsumsi paprika dalam jumlah yang cukup maka tubuh akan memperoleh manfaat yang optimal.

Buah ini juga bisa Anda daptkan dari TaniHub yang menyediakan berbagai macam buah dan sayur segar. Buah-buah tersebut berasal dari petani dan dikemas dengan baik untuk dipasarkan ke masyarakat.

Related posts